Sabtu, 16 Agustus 2014

OLAH RAGA EXTREM DI DUNIA

Extreme sports atau disebut juga action sports, aggro sports, atau, adventure sports adalah istilah untuk olahraga tertentu yang dirasakan sebagai kegiatan yang memiliki tingkat bahaya yang tinggi. Kegiatan ini sering melibatkan kecepatan, ketinggian, aktifitas fisik tingkat tinggi, dan peralatan yang sangat khusus. Olahraga berlabel extrem hampir semua identik dengan olahraga outdoor. Olahraga ekstrim memang memiliki tingkat resiko bahaya yang tinggi dan dapat memompa adrenalin lebih cepat. Secara umum, olahraga ekstrim cenderung memiliki target demografis pada orang-orang yang lebih muda daripada olahraga lainnya, bersifat soliter dibandingkan olahraga lainnya, kecuali water rafting, paintball, dan airsoft gun, karena olahraga ini dilakukan secara tim. Meskipun resiko bahaya begitu besar, tapi banyak orang masih melakukannya. Bisa dikatakan mereka ini adalah the ultimate adrenalin junkies.

Menurut wikipedia, definisi dari olahraga ekstrim sebenarnya kurang tepat. Asal-usul istilah extreme sport sendiri tidak jelas. Namun istilah ini mulai populer pada tahun 1990-an ketika marketing dari beberapa perusahaan berusaha mempromosikan program mereka seperti X-Games dan Extreme Sports Channel yang kemudian disusul peluncuran situs Extreme.com

Berikut adalah beberapa olahraga yang dapat digolongkan sebagai olahraga ekstrim, hanya saja tidak akan tampak begitu ekstrim dan berbahaya bagi mereka yang sudah terbiasa melakukannya :

MOUNTAIN BIKING
Bersepeda gunung adalah olahraga mengendarai sepeda off-road, sering kali di medan kasar dengan menggunakan sepeda gunung yang dirancang khusus. Sepeda gunung hampir sama dengan sepeda lainnya, tetapi menggabungkan fitur yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan dan kinerja di medan kasar. Ini olahraga individual yang membutuhkan daya tahan, kekuatan dan keseimbangan, keterampilan sepeda, dan kemandirian. Bersepeda gunung umumnya dapat dibedakan menjadi beberapa kategori yaitu cross country (XC), trail riding, all mountain, downhill, freeride, slopestyle, dirt jumping, dan trials. Sebagian besar bersepeda gunung termasuk ke dalam rekreasi cross country dan kategori trail riding.


VOLCANO BOARDING
Di Nikaragua, di sebuah gunung di Amerika Tengah, satu-satunya tempat di dunia di mana anda dapat melemparkan diri ke bawah dari sebuah gunung berapi aktif. Melunmcur ke bawah dari ketinggian sekitar 2.380 kaki dengan papan kayu yang dirancang khusus mencapai kecepatan hingga 50 mph dan sepanjang waktu mengetahui bahwa gunung berapi ini masih muda dan telah meletus 20 kali sampai saat ini. Kemiringannya adalah sekitar 41 derajat, sangat curam dan meskipun pendakian ke puncak membutuhkan waktu 45 menit, bisa dipastikan anda akan turun dalam sekejap.

SPEED RIDING / SPEED FLYING
Speed riding / speed flying adalah olahraga ekstrim yang melibatkan kombinasi dari paralayang dan ketrampilan ski. Ini adalah olahraga yang relatif baru yang berkembang pesat dan mendapatkan banyak perhatian. Bahaya dari Speed Riding, karena termasuk kategori olahraga ekstrim, terletak pada kenyataan bahwa mungkin anda merasa lebih aman daripada yang sebenarnya. Sementara anda bisa terbang beberapa meter di atas tananh, dengan kecepatan tinggi, dengan adrenalin yang intens. Ide di balik olahraga musim dingin ini adalah bahwa ketika bermain ski, anda dapat mengambil posisi ke udara ketika kondisi memungkinkan dan kemudian mendarat lagi ketika memilih demikian.

CLIFF DIVING
Menambahkan dimensi baru bagi olahraga menyelam, Cliff Diving didefinisikan sebagai kesempurnaan akrobatik menyelam ke dalam air dari tebing yang tinggi. Menantang batu-batu kasar, penyelam terjun dari atas memukul keras ke dalam air. Kegiatan ini telah berkembang menjadi sebuah olahraga yang ditandai dengan keberanian besar, fokus, sensasi dan resiko. Cliff Diving adalah salah satu jenis menyelam yang beresiko, maka hati-hati adalah suatu keharusan. Untuk kepentingan penyelam, standar tertentu telah diatur untuk meminimalkan faktor resiko. Beberapa diantaranya adalah menentukan tinggi lompatan (23-28 meter untuk laki-laki, 18-23 meter untuk wanita). Kecepatan memasuki air ideal adalah 75-100 km/jam, dan waktu jatuh bebas dari 3 detik. Variasi dari olahraga ini adalah cliff jumping.





SLACKLINING (keseimbangan)
Slacklining adalah praktek dalam keseimbangan yang biasanya menggunakan nilon atau polyester anyaman dikencangkan antara dua titik jangkar. Ketegangan tali dapat disesuaikan agar pas dengan pengguna dan berbagai jenis anyaman dapat digunakan untuk mencapai berbagai target prestasi. Tali itu sendiri biasanya datar, karena sifat dari anyaman, sehingga menjaga pondasi itu dari bergulir, seperti yang menjadi kasus dengan tali biasa. Sifat dinamis dari tali  memungkinkan untuk melakukan trik dan stunts.

ROCK CLIMBING
Panjat tebing adalah olahraga yang menuntut fisik dan mental, salah satunya menguji kekuatan pemanjat, daya tahan, kelincahan, dan keseimbangan bersama dengan kontrol mental. Ini bisa menjadi olahraga yang berbahaya dan pengetahuan teknik memanjat yang tepat serta penggunaan peralatan pendakian khusus sangat penting untuk penyelesaiaan yang aman dari rute. Karena berbagai macam dan berbagai formasi batuan di seluruh dunia, panjat tebing telah dipisahkan menjadi berbagai gaya yang berbeda-beda dan sub disiplin. Variasi dari olahraga ini adalah ice climbing free solo climbing (tanpa alat pengaman, biasanya dilakukan di tebing atau gedung tinggi).

WINGSUIT FLYING
Wingsuit flying adalah olahraga terbang melalui udara menggunakan jumpsuit khusus, yang disebut wingsuit. Pakaian mempunyai konsep menambah luas permukaan tubuh manusia untuk memungkinkan peningkatan yang signifikan di udara. Sebuah penerbangan wingsuit biasanya berakhir dengan pembukaan parasut, sehingga wingsuit dapat diterbangkan dari setiap titik yang menyediakan ketinggian yang cukup untuk melayang di udara, seperti pesawat skydiving dan basejump, yang memungkinkan parasut untuk mengembang.

BIG WAVE SURFING 
Big wave surfing adalah olahraga ekstrim yang paling populer di dunia dan merupakan tes kelincahan dan waktu. Disiplin dalam berselancar adalah dimana peselancar berpengalaman mendayung atau bergerak ke gelombang yang tingginya setidaknya 20 kaki (6,2 meter) atau lebih. Ukuran ombak dibutuhkan untuk berhasil melakukan surfing bervariasi pada suatu gelombang serta teknik surfer digunakan untuk mencapai gelombang tersebut. sebuah papan luncur yang lebih besar, lebih panjang memungkinkan surfer untuk mendayung cukup cepat untuk menangkap gelombang dan menjadi lebih stabil. Selain itu juga dapat membatasi manuver dan kecepatan berselancar. Dalam ombak dengan gelombang besar, gelombang dapat mendorong peselancar turun 20-50 kaki (6,2 – 15,5 meter) di bawah permukaan air. Setelah mereka berhenti berputar, surfer harus menyeimbangkan diri dan mengetahui jalur mana yang sudah berakhir. Surfer mungkin hanya memiliki kurang dari 20 detik untuk sampai ke permukaan sebelum gelombang berikutnya. Selain itu, tekanan air pada kedalaman 20-50 meter bisa cukup kuat untuk mempengaruhi gendang telinga seseorang. Arus yang kuat dan hempasan air pada kedalaman tersebut juga dapat membanting surfer ke karang atau dasar laut, yang dapat mengakibatkan cidera parah. Variasi dari olahraga ini adalah wind surfing dan kite surfing.


BUNGEE JUMPING
Olahraga ini melibatkan lompatan dari ketinggian tertentu dengan menggunakan kabel elastic yang besar. Struktur pusat ketinggian biasanya benda tetap, seperti jembatan, gedung, tower, atau crane. Bungee jumping terus tumbuh dan populer sehingga kini dipandang sebagai salah satu olahraga ektrim paling mudah karena tingkat ketrampilannya. Sumber adrenalin berasal dari jatuh bebas dan memantul kembali. Ketika orang melompat, kabel membentang dan jumper memantul ke atas lagi, dan terus naik dan turun sampai semua energi normal  

Extreme sports lain :


Wargame Sports (Paintball, Air Soft Gun)
Water Sports (Bodyboarding, Snowboarding, Snowkiting, Jet Skis, Canoeing, Rafting)
Sand Sports (Sandboarding, Sand Kiting)
Air Sports (Hanglinding, Paragliding, Paralayang, Wingsuit Flying, Sky Diving, Base Jump)
Land Sports (Scootering, Skateboarding, Parkour, Limbo Skatinga)
Extreme Motorsport (Supercross, Motocross, Freestyle Motocross)
Extreme Biking (BMX, Vert, Street, Dirt, Freestyle)

Tentunya masih banyak lagi variasi olahraga ekstrim lain yang belum disebutkan disini. variasi-variasi baru akan muncul seiiring dengan keingintahuan orang untuk lebih memacu adrenalin sehingga akan menciptakan olahraga ekstrim yang berbeda dan lebih menantang.

Sumber :
http://extremefreestyle.wordpress.com
http://www.aura-ilmu.com/2013/01/9-Olahraga-Yang-Paling-Ekstrim-Di-Dunia.html 
http://www.5fakta.com/headlines/456/olahraga-paling-ekstrim-di-dunia/ 

1 komentar:

  1. salam kenal juga Bang Wawan...terima kasih sudah mampir di laras paintball...kapan-kapan main paintball dengan kami...

    BalasHapus