Jumat, 15 Agustus 2014

TAKTIK DAN STRATEGI DALAM PAINTBALL

Ketika anda menjadi leader dalam suatu permainan paintball, maka awalnya anda mungkin harus  mengatur strategi di mana anda harus membagi grup Anda menjadi empat regu. Salah satu regu untuk tim pertahanan, dan tiga lainnya untuk menyebar dan menyerang - satu regu ke kiri, satu di tengah, dan satu ke arah kanan. Ketika akan menyerang, carilah posisi yang baik agar dapat melumpuhkan beberapa musuh, dan mengambil bendera dan kembali ke posisi aman sambil memastikan bahwa tidak ada lawan akan melewati line atau garis batas. Sepertinya sebuah rencana yang baik dan sempurna kan? 

Well, ya, sepertinya begitu dan mungkin berhasil. Tapi bagaimana kalau tim lawan menempatkan pemain dengan jumlah yang lebih banyak di satu sisi, dan hanya mengosongkan sisi yang lain. Karena dalam pertempuran anda mungkin sedang mencoba mematuhi garis aman sehingga anda mungkin tidak bereaksi cukup cepat. Kekuatan lawan yang lebih terampil bermanuver, regu yang kuat, dapat melenyapkan sisa pasukan anda dan memposisikan diri untuk lebih cepat mengambil bendera. Pertahanan anda yang kurang, kerja sama tim buruk, kekuatan besar yang terkonsentrasi, dan koordinasi tim yang kurang. Maka tim anda akan menjadi korban. Anda hanya bereaksi, bukan menyerang. Jadi apa yang salah di sini? Mengatur strategi pertempuran adalah cara untuk memenangkan permainan. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan melakukan serangan yang terarah dan terkoordinasi. Kelompok harus bekerja sama, dan para pemimpin harus memiliki visi yang baik untuk dapat memindahkan kekuatan penyerangan ini ke segala arah. 

Untuk mencapai serangan yang sukses maka anda perlu:

Perencanaan yang baik.
Sebelum permainan dimulai, anda mungkin memerlukan sekelompok pasukan di lapangan yang mempunyai kemampuan, dan menemukan minimal satu titik/lokasi tempat yang baik untuk menyerang. Bagilah regu anda secara efisien, tetapi tidak merata. Mungkin anda dapat mengkombinasikan dua regu untuk menjadi satu kekuatan besar yang dapat Anda gunakan sebagai penyerang. Mungkin cara ini akan rentan terhadap serangan. Namun, dengan kekuatan besar, lawan akan lebih banyak yang hit/tertembak. Strategi lain, anda dapat mengalokasikan sumber daya untuk mencoba sistem menyerang dengan kekuatan terkonsentrasi. Jika setiap lawan yang bergerak, maka pasukan Anda yang lain akan menjadi blocker dan memperlambat gerak lawan sehingga regu penyerang dapat bekerja secara maksimal.

Teamwork dan Komunikasi.
Secara mudahnya adalah menempatkan orang di suatu daerah sebagai pelindung. Teknik paintball umum seperti ini tidak menempatkan pasukan di balik barikade saja tetapi harus maju dengan perlindungan. Orang-orang dalam kelompok harus bekerja sama. Menggunakan taktik skala kecil yang sesuai seperti maju dengan bantuan tembakan perlindungan dan komunikasi yang kontinyu antara anggota. Teknik lain yang juga umum digunakan adalah teknik mengapit.


Sumber :
Using Overwhelming Massice Force in Paintball
Created by : Martin Guerrero (gmartin AT alumni.eecs.berkeley.edu)
From the Bay Area Paintball
http://alumni.eecs.berkeley.edu/~gmartin/paintball.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar