Minggu, 20 Juli 2014

PERALATAN DASAR DALAM PERMAINAN PAINTBALL

Paintball Marker / Senjata
Marker paintball menggunakan CO2 atau udara yang terkompresi untuk mendorong peluru dengan kecepatan 280 meter/detik. Terdapat dua macam marker paintball, pertama yaitu marker mekanik (mempunyai pemicu tunggal yang menembakkan peluru satu persatu), kedua yaitu marker elektronik (mempunyai pemicu tunggal yang dapat menembakkan bola terus menerus). Pada marker terdapat tombol ON/OFF sebagai pengaman (safety lock). 

The Loader

Loader adalah wadah untuk peluru. Terdapat dua macam loader, yaitu manual dan elektrik. Loader manual menggunakan sistem gravitasi dimana peluru jatuh ke marker satu persatu untuk kemudian ditembakkan. Loader elektrik menggunakan rotor/dinamo untuk menjatuhkan peluru ke dalam marker. Loader elektrik ditandai dengan bola-bola peluru yang berputar ketika memasuki marker. Diantara loader dan marker terdapat feedneck yang berfungsi untuk mengatur agar peluru jatuh ke dalam marker dengan teratur. 

The Goggle / Masker 

Google atau masker memberikan perlindungan untuk mata, telinga, hidung, mulut, dan kadang-kadang bagian belakang kepala. Pemain diwajibkan memakai google selama bermain dan ketika berada di area bermain. Google memiliki variasi fleksibilitas, lensa, serta tingkat ukuran dan keamanannya

The Air Tank / Tabung Gas

Tangki gas berisi CO2 atau gas terkompresi yang mendorong peluru dari marker. Tabung gas memiliki dua tipe, yaitu tabung yang memiliki keran untuk menutup/membuka saluran gas dan tabung yang langsung (tidak memiliki keran)

Paintballs / Peluru

Sebuah kapsul non-toxic yang diisi dengan pewarna yang larut dalam air. Paintball memiliki cangkang sebagai wadah pewarna. Ketika ditembakkan dan mengenai sasaran,  cangkang ini akan pecah dan pewarna di dalamnya akan memercik. 

Pakaian Pelindung / Overall

Overall disini termasuk celana dan pakaian, sarung tangan, dan pelindung dada (chest protector). Overall ini biasanya berwarna gelap untuk melindungi player ketika bersembunyi. Dalam turnamen, player biasanya menggunakan pakaian dari bahan jersey.

Paintball POD 

Paintball POD adalah wadah peluru terbuat dari plastik berbentuk tabung. 

Harness

Harness adalah semacam ikat pinggang yang dibelitkan di pinggang sebagai tempat paintball POD. Harness ini biasanya digunakan player saat turnamen.


Sumber : 
www.empirepaintball.com
wikipedia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar